“The 6th Internasional Conference on The Basic Science 2020 – Unpatti Cares For Sustainability in Human and Natural Resources”

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis ke-57 Univeritas Pattimura ini dilaksanakan pada 4-5 November 2020 secara virtual. Kegiatan yang merupakan upaya menjembatani kesenjangan antara riset dengan teknologi tinggi dan teknologi konvensional, diselenggarkan dalam seminar Internasional, dalam bentuk poster presentation dan oral presentation dan diikuti oleh 176 orang peserta yang terdiri dari 133 oral presenter 3 poster presenter, serta peserta lain yang terdiri dari para akademisi, peneliti dan praktisi . Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta dari Negara Malaysia dan Jepang.
 
Dalam laporan panitia yang diwakili oleh Ketua Seksi Seminar Dr. I Wayan Sutapa., M.Sc menyampaikan bahwa berkembangan ilmu dan teknologi yang menjadi tuntutan dari kebutuhan masyarakat yang semakin maju. Oleh karena itu diperlukan riset-riset baru untuk mendukung dan memberikan jawaban-jawaban atas kebutuhan perkembangan ilmu dan teknologi. Sebagai penopang riset-riset terapan, hingga saat ini riset-riset ilmu dasar masih memiliki peranan penting karena dapat memberikan gambaran yang mendasar sebelum riset tersebut diaplikasikan dan diaplikasi. Sharing hasil-hasil riset terbaru akan mengalami hambatan jika hasil-hasil riset tersebut tidak dilakukan publikasi. Publikasi dapat dilakukan melalui jurnal internasional maupun seminar internasional. Sharing hasil riset melalui publikasi pada jurnal internasional memiliki kelemahan yakni interaksi antar peneliti dengan peneliti lainnya tidak dapat berlangsung secara langsung. Oleh karena itu salah satu wadah atau kegiatan yang dapat digunakan untuk sharing riset-riset yang memungkinkan terjadinya interaksi para peneliti adalah melalui seminar internasional, sekaligus mengimplementasi peningkatkan jumlah publikasinya dan jumlah sitasinya pada jurnal bereputasi, yang wajib dilakukan oleh perguruan tinggi.
 
Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah :
* Prof. Dieter D. Genske, From Hochschule Nordhausen – University – Germany
* Prof. Long Y. Chiang, From University Of Massachusetts Lowell-USA
* Prof. Koichiro Shiomori, From Miyazaki University, Japan
Prof. Dr.Ir. Moch. Sasmito Djati, Ms, From University Of Brawijaya-Indonesia
* Prof. Miin-Shen Yang, From Chung Yuan Christian University, Taiwan
* Prof. Dr. Azlan Kamari , From Universiti Pendidikan Sultan Idris-Malaysia
* Dr. Mogalahalli Venkatesh Reddy, From Hydro-Quebec Inst. Of Research (Ireq),Ceetse,Hydro-Quebec, Montreal, Canada
Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si dalam sambutan pada kegiatan ini menyampaikan penghargaan kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan “ The 6th Internasional Conference on The Basic Science 2020 “ juga kepada semua peserta dalam mendukung kegiatan ini dan Univeritas Pattimura yang memberikan support bagi kegiatan ini.
Lebih lanjut dikatakan “ publikasi ilmiah merupakan bagian penting dari riset yang dilakukan agar diketahui secara umum dan dapat dipergunakan untuk kemasalahatan. Riset juga harus memperoleh pengakuan sebagai hak kekayaan ilmiah dari peneliti, oleh karenanya seminar internasional yang digelar ini diharapkan dapat memperoleh pengakuan dari semua pihak, untuk itulah seminar ini dilaksanakan dengan harapan dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan maupun bagi kita semua.
Saat membuka kegiatan ini, Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum memberikan apresiasi kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atas penyelenggaraan kegiatan ini. Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa kompleksitas masalah dunia membutuhkan solusi yang cepat dan tepat. Hasil Penelitian adalah salah satu sumber yang memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat dunia. Hasil penelitian diharapkan juga dapat memberikan terobosan teknologi, dan ini yang menjadi tantangan bagi para peneliti. Bagaimana para peneliti mampu menyampaikan hasil penelitiannya dengan modefikasi teori yang tepat dan berkelanjutan.
Lanjut dikatakan Pandemi Covid 19 yang sementara dirasakan, pasti membutuhkan pemikiran ilmiah dari para ahli, riset dari seluruh peneliti di dunia untuk menghasilkan suatu formula atau penelitian yang dapat digunakan secara menyeluruh.
“ Universitas Pattimura sebagai Universitas yang unggul dengan Pola Ilmiah Pokok Bina Mulia Kelautan, merasa bertanggungjawab untuk melakukan kegiatan ini karena banyak isu penelitian yang dapat dikembangkan secara berkelanjutan. Sehingga melalui The 6th Internasional Conference on The Basic Science 2020, dapat memberikan manfaat bagi kita semua “ ujar Prof Saptenno.
Output yang diharapkan pelaksanaan kegiatan seminar ini adalah :
1. Meningkatkan publikasi hasil-hasil riset dari universitas Pattimura agar dapat diakses secara global
2. Meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal-jurnal yang terindeks scopus dan memiliki impact factor (berdampak)
3. Meningkatkan jumlah sitasi-sitasi pada artikel yang terbit di jurnal internasional bereputasi
4. Meningkatkan kolaborasi riset antar lembaga dalam dan luar negeri.
Ketua Panitia Dies Natalis ke 57 Universitas Pattimura, Dr. E. Tuhumuri, M.Si menyambut baik pelaksanaan “The 6th Internasional Conference on The Basic Science 2020, yang menjadi rangkaian kegiatan Dies Natalis Unpatti ke-57, dan menjadi bagian yang penting dalam rangka pengembangan Universitas Pattimura kedepan. Dr. E. Tuhumuri mengatakan “ Kegiatan ini awalnya terschedule pada tanggal 4-5 September 2020, namun baru dapat dilaksanakan pada tanggal 4-5 November 2020. Saya memberikan apresiasi kepada panitia yang berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan baik, juga dapat menghadirkan para narasumber dari dalam dan luar negeri, yang mempresentasikan penelitian mereka baik melalui oral presentation maupun poster presentation yang terkait dengan semua bidang ilmu dasar “ .
Lanjut dikatakan Unpatti Cares For Sustainability in Human and Natural Resources, yang menjadi tema Dies Natalis ke-57 mengajak seluruh Civitas Akademika dan tenaga kependidikan untuk peduli dan bersatu dalam upaya pengembangan keilmuan yang dapat bermanfaat demi keberlanjutan kehidupan masyarakat khususnya di Maluku, dan Universitas Pattimura dapat berperan secara nyata sebagai Perguruan Tinggi yang unggul.
Sukses… Hotumese