Selamat Bekerja! Dekan FMIPA Universitas Pattimura Periode 2024-2028 Telah Terpilih dan Dilantik

Fakultas MIPA Universitas Pattimura akhirnya menemukan pemimpin baru. Mulai tanggal 15 Juli 2024, telah dilantik Dekan FMIPA Unpatti Periode 2024-2028 yaitu Dr. Henry Junus Wattimanela, S.Si., M.Si., menggantikan Dekan FMIPA Unpatti periode sebelumnya Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si. yang saat ini telah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Pattimura.

Perjalanan dosen Jurusan Matematika FMIPA Unpatti yang akrab disapa Pak Henry ini hingga dilantik melalui proses yang cukup panjang. Proses pemilihan Dekan FMIPA Unpatti Periode 2024-2028 dimulai sejak pertengahan Juni 2024 dari proses pendaftaran dan penjaringan bakal calon, yang dilaksanakan oleh Senat FMIPA Unpatti berdasarkan Surat Keputusan Senat FMIPA Unpatti Nomor 02/SENAT/FMIPA/SK/VI/2024. Beliau menjadi salah satu dari dua bakal calon yang mendaftar dan memenuhi verifikasi untuk menjadi calon dekan, bersama dengan Guru Besar Jurusan Kimia FMIPA Unpatti Prof. Dr. Yusthinus Tobias Male, S.Si., M.Si.

Kedua calon dekan tersebut selanjutnya mempresentasikan visi, misi, dan program kerja FMIPA Unpatti selama 4 tahun ke depan, dalam Rapat Senat FMIPA Unpatti yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2024 bertempat di Auditorium FMIPA Unpatti. Melalui proses pemilihan yang diikuti oleh seluruh anggota senat yang berjumlah 17 orang, beliau yang sebelumnya juga menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unpatti ini terpilih sebagai Dekan FMIPA Unpatti Periode 2024-2028 dengan meraih 10 dari 17 suara anggota Senat.

Selanjutnya pada tanggal 15 Juli 2024 di Aula Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd. resmi melantik beliau sebagai Dekan FMIPA Unpatti Periode 2024 – 2028. Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Pattimura Nomor 1752/UN13/SK/2024 yang ditetapkan di Ambon pada Tanggal 11 Juli 2024.

Dalam sambutan pasca pelantikan, Rektor berpesan kepada Dekan terpilih agar selama 4 tahun mendatang mampu menciptakan ekosistem akademik di perguruan tinggi, khususnya di FMIPA Unpatti sehingga semuanya bisa bertumbuh dan bekerja dengan baik. “Kita harus membenahi semua sistem yang ada, apalagi FMIPA Unpatti telah melahirkan berbagai program studi baru dengan jumlah peminat yang banyak. Selain itu juga, Program Studi Fisika di FMIPA telah terakreditasi unggul dan melalui manajemen ISO, kita akan upayakan untuk bisa terakreditasi internasional,” imbuh Rektor.

Selain itu, Rektor juga berpesan agar FMIPA Unpatti kedepannya mampu membangun lebih banyak kolaborasi, bukan hanya dalam lingkungan Unpatti namun juga dengan perguruan tinggi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri, sehingga meningkatkan mutu kualitas pendidikan. “Marilah kita berkarya untuk Universitas Pattimura, dan jabatan yang sudah ada saat ini kiranya dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya serta dapat menjadi teladan bagi kita semua,” harap Rektor.

Tulisan dan foto sebagian disadur dari berita Humas Universitas Pattimura dengan perubahan seperlunya.