Perayaan DIES NATALIS Ke-24 FMIPA Tahun 2022

Dies Natalis FMIPA UNPATTI yang ke-24

Dies Natalis FMIPA Unpatti tahun ini diawali dengan MIPA Promo Tour 25 sekolah menengah atas terbagi di dua kabupaten yakni Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 24 Februari 2022. Tujuan dari MIPA Promo Tour ini adalah memperkenalkan keempat Jurusan di Fakultas MIPA (Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia) dalam rangka perekrutan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 dan meginisiasi kerjasama sebagai salah satu implementasi tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat

Pencanangan Dies Natalis ke-24 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Pattimura berlangsung pada hari Jumat, 25 Februari 2022 di Resort Lounusa Beach, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah dengan mengambil tema “Inovasi Sains dan Teknologi berbasis Sumber Daya Lokal”. Acara dimulai dari Laporan Ketua Panitia Dies FMIPA Tahun 2022 Josephus R. Kelibulin, S.Si., M.Sc., Sambutan Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd. M.Si., Sambutan tertulis Bupati Maluku Tengah H. Tuasikal Abua, SH. yang disampaikan oleh Asisten III Setda Maluku Tengah M. Bahrum Kalauw, SH

Dalam sambutan Dekan Fakultas MIPA, Prof. Kakisina menyampaikan bahwa dalam mendukung pengetahuan sains kepada generasi emas di Maluku semua stakeholder di daerah ini harus ikut mengambil bagian agar mampu mengelola sumber daya alam maluku yang luar biasa kaya dan tidak hanya menjadi penonton. Lanjutnya, “Fakultas MIPA memiliki 28 laboratorium unit yang saat ini aktif dan terbuka bagi semua lembaga pendidikan di Maluku mulai dari pendidikan dasar sampai menengah atas dan sederajat untuk belajar, sebagai komitmen FMIPA untuk memajukan pendidikan di Maluku”.

Sejalan dengan Dekan FMIPA Unpatti, Bupati Maluku Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Maluku Tengah berharap Fakultas MIPA kedepannya dapat terus menghasilkan Sumber Daya Manusia Maluku yang berkualitas, berdaya saing serta mampu berkontribusi bagi kemajuan daerah, bangsa dan negara. Lebih lanjut, atas nama Pemerintah Daerah, Bupati menyampaikan terima kasih karena banyaknya alumni yang mengabdi di Kabupaten Maluku Tengah dan berhasil meningkatkan kualitas pendidikan daerah, hal itu tidak lepas dari kualifikasi dan manajemen sistem pendidikan yang baik pada Fakultas MIPA sehingga dapat menjawab tuntututan lapangan kerja yang membutuhkan tenaga kerja terampil dalam berbagai jenis pekerjaan. Menutup sambutannya, Bupati Maluku Tengah mengucapkan Selamat atas Dies Natalis Ke-24 Fakultas MIPA Universitas Pattimura, dan berharap Fakultas MIPA terus berbenah dan melakukan evaluasi serta selalu membaharui pengetahuan maupun teknologi agar semakin progresif dan visioner dalam menjawab tantangan peradaban yang makin mengglobal. “Teruslah berkontribusi dan menjadi kebanggan bagi masyarakat Maluku” menjadi harapan Bupati Maluku Tengah bagi Fakultas MIPA Universitas Pattimura.

Selain pembukaan serta pencanangan Dies Natalis oleh Bupati Maluku Tengah yang diwakili oleh Asisten III Setda Maluku Tengah, Fakultas MIPA juga menyelenggarakan kegiatan MIPA Expo yang menampilkan berbagai produk pengembangan riset dari keempat jurusan (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi), Penebaran Benih Ikan serta Penanaman Mangrove yang seluruhnya dipusatkan pada Resort Lounusa Beach, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Sebagai puncak acara Dies Natalis Ke-24 FMIPA, nantinya Panitia akan menyelenggarakan Seminar Internasional – The 8th ICBS (The International Conference on Basic Sciences) yang dijadwalkan pada semester kedua tahun 2022. Diharapkan agar banyak produk inovasi sains dan teknologi yang tertuang pada hasil riset oleh Civitas Akademika Maluku dapat mengambil bagian dalam kegiatan seminar internasional tersebut.

Ditempat yang sama, pada malam hari Fakultas MIPA juga menyelenggarakan Rapat Kerja yang dihadiri oleh Dekan, Wakil-wakil Dekan, pimpinan Jurusan dan Program Studi, para Kepala Laboratorium Dasar, Kepala Laboratorium Terpadu, Koordinator Kelompok Kerja dan Tata Usaha, serta Gugus Jaminan Mutu Fakultas. Rapat kerja ini membahas evaluasi program kegiatan di tahun 2021 dan perencanaan Fakultas MIPA di tahun 2023.

Maju Terus FMIPA Unpatti.

FMIPA JAYA!