Lokakarya Revisi Kurikulum Program Studi Statistika FMIPA Unpatti Tahun 2023

Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas MIPA Universitas Pattimura saat ini sedang melaksanakan revisi kurikulum yang telah berjalan sejak tahun 2018. Sebagai rangkaian dari proses tersebut, Prodi Statistika FMIPA Unpatti melaksanakan acara lokakarya pada hari Senin (5/6) bertempat di Auditorium FMIPA Unpatti. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unpatti, Dr. Henry Junus Wattimanela, S.Si., M.Si., serta dihadiri oleh beberapa perwakilan pemangku kepentingan (stakeholder), Kaprodi dan Dosen di lingkungan Jurusan Matematika FMIPA Unpatti, alumni, dan mahasiswa Prodi Statistika FMIPA Unpatti.

Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unpatti dalam sambutannya menjelaskan urgensi pelaksanaan revisi kurikulum bagi Prodi. Menurut beliau, perkembangan teknologi serta kebutuhan pasar kerja yang semakin berkembang pesat, menuntut lulusan harus mempunyai kemampuan adaptasi teknologi yang cepat serta kompetensi yang memenuhi ekspektasi dalam pasar kerja. Oleh karena itu, kurikulum yang disusun sebagai bekal dalam mempersiapkan lulusan Prodi juga seharusnya dapat diperbaharui secara berkala, agar dapat menjawab tantangan dan kompetensi yang dibutuhkan tersebut. Cash purchasers may propose to purchase your home. This may be useful if you want to sell your property quickly or bypass the standard procedure. Visit httpss://www.housebuyers.app/ohio/.

Sesi selanjutnya dalam acara tersebut, peserta mendapatkan materi berjudul “Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Integrasinya dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” yang disampaikan oleh Guru Besar FKIP Unpatti, Prof. Dr. Tanwey Gerson Ratumanan, M.Pd. Dalam penyampaian materinya beliau menjelaskan bahwa proses revisi kurikulum Prodi wajib memperhatikan visi dan misi Prodi serta profil lulusan, yang nantinya dikaitkan dengan capaian pembelajaran lulusan dan juga capaian pembelajaran untuk setiap mata kuliah.

Terkait integrasi dengan MBKM, Prof. T. G. Ratumanan, M.Pd. menyampaikan bahwa Prodi perlu memastikan setiap kegiatan yang diikuti mahasiswa dalam MBKM harus mempunyai capaian pembelajaran yang jelas, sehingga nantinya dapat dikonversi dalam capaian pembelajaran mata kuliah yang tersedia di tingkat Prodi. Oleh karena itu, beliau menyarankan agar petunjuk teknis pelaksanaan MBKM dapat disusun sebagai suplemen dari dokumen revisi kurikulum Prodi Statistika FMIPA Unpatti.

Sesi terakhir merupakan agenda inti yaitu lokakarya yang dipimpin oleh Kaprodi Statistika FMIPA Unpatti, Ferry Kondo Lembang, S.Si., M.Si. dan Ketua Tim Penyusun Kurikulum Prodi Statistika FMIPA Unpatti Tahun 2023, Norisca Lewaherila, S.T., M.Si. Sesi diawali dengan paparan singkat evaluasi kurikulum Prodi Statistika FMIPA Unpatti 2018, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian masukan dari perwakilan stakeholder dan alumni Prodi Statistika FMIPA Unpatti yang hadir dalam acara tersebut. Sebanyak 8 (delapan) instansi stakeholder hadir dan memberikan masukan terkait revisi kurikulum Prodi Statistika FMIPA Unpatti, sedangkan 3 (tiga) alumni Prodi Statistika FMIPA Unpatti juga turut memberikan masukan baik secara langsung maupun melalui video testimoni.

Setelah acara lokakarya ini, Prodi Statistika FMIPA Unpatti dalam waktu dekat akan segera menyepakati struktur inti revisi kurikulum serta menyiapkan beberapa dokumen penunjang, untuk selanjutnya diajukan ke Senat Fakultas dan Universitas. Prodi Statistika FMIPA Unpatti menargetkan bahwa revisi kurikulum yang disusun tahun ini dapat dilaksanakan mulai Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024.

Narasi: Yudistira, Foto: Prodi Statistika